Pasien Covid-19 Sekeluarga di Wonocolo Sembuh Karena Bahagia dan Optimis


Pasien Covid-19 Sekeluarga di Wonocolo Sembuh Karena Bahagia dan Optimis KUNJUNGI - Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengunjungi pasien asal Kelurahan Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo yang sembuh dari Covid-19, Kamis (30/07/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Satu keluarga di Kelurahan Wonocolo Kecamatan Taman yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dikunjungi Plt Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, Kamis (30/07/2020). Plt Bupati Sidoarjo ingin memastikan secara langsung kesembuhan tiga anggota keluarga itu.

Kunjungan ini juga dimanfaatkan untuk menggali informasi terkait faktor kesembuhan dari virus korona. Kunjungan dilakukan bersama Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Muhammad Iswan Nusi.

Plt Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Cak Nur ini mendatangi rumah Wathonil Aziz. Sebelumnya juga menyerahkan Sembako kepada Wathonil Aziz dan beberapa warga lainnya di balai Kelurahan Wonocolo yang digunakan sebagai Posko Kampung Tangguh Semeru.

Dalam perbincangan dengan pasien sembuh Covid-19 ini, Cak Nur mengetahui kalau bahagia menjadi faktor pertama yang berpengaruh terhadap kesembuhan. Wathonil Aziz sendiri mengaku untuk sembuh dari Covid-19 harus bahagia dahulu. Setelah itu mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi apa yang dikatakan tim medis selalu dilaksanakannya. Seperti selalu memakai masker selama 24 jam. Kecuali saat mandi, makan dan wudhu. Minum suplement vitamin untuk meningkatkan imun juga dilakukan," ujarnya.

Pria yang akrab dipanggilan Aziz ini menceritakan awal mula dirinya beserta kakak dan ibunya dinyatakan positif Covid-19. Ceritanya berawal dari ibunya yang memeriksakan diri ke Puskesmas karena badannya panas. Dari diagnosa dokter Puskesmas, ibunya dinyatakan deman berdarah dan hasil rapid tes reaktif. Setelah itu dirinya dan kakaknya yang tinggal serumah dengan ibunya ikut dilakukan pemeriksaan. Hasil rapid tes dua-duanya reaktif. Setelah diketahui juga kalau hasil Swab positif Covid-19, dirinya diisolasi di Rumah Sakit Indrapura bersama kakaknya. Sedangkan ibunya diisolasi di RS Siti Khotijah.

"Saya merupakan pasien Covid-19 tanpa gejala. Selama 9 hari di isolasi, akhirnya dapat dinyatakan sembuh," tegasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin menekankan kebahagiaan menjadi salah satu kunci penentu kesembuhan dari Covid-19. Menurutnya kebahagiaan datang dari diri sendiri dan dari orang lain.

"Masyarakat yang tetap peduli kepada orang terpapar Covid-19 akan meningkatkan rasa optimisme untuk sembuh," tandasnya. Hel/Waw