Nyekar Makam Para Mantan Kades Nguri-Nguri Leluhur Babat Deso Munggu Ponorogo


Nyekar Makam Para Mantan Kades Nguri-Nguri Leluhur Babat Deso Munggu Ponorogo NYEKAR - Kepala Desa Munggu, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Sukamto memimpin acara ziarah makam para mantan Kades Munggu di Makam Lereng Gunung Bonjing desa setempat, Sabtu (27/07/2019).

Ponorogo (republikjatim.com) - Kepala Desa, Perangkat Desa beserta anggota BPD Desa Munggu, Kecamatan Bungkal, Ponorogo menggelar do'a bersama ke makam para mantan Kepala Desa Munggu. Hal ini menjadi salah satu rangkaian awal acara bersih desa yang sudah menjadi agenda tahunan setiap bulan Jawa Selo atau yang kerap disebut agenda Selan.

Selama ini, setiap desa di Ponorogo memiliki aneka ragam agenda dalam mengisi Selan. Seperti Desa Munggu, Kecamatan Bungkal. Pembuka acara Selan diisi acara tabur bunga (nyekar) ke makam para mendiang mantan Kades. Karena mendiang sebagai tokoh yang berjuang di Desa Munggu.

"Acara ini bentuk nguri-nguri sekaligus menghargai jasa para mendiang terdahulu. Anyekar ke makam para mantan Kades ini merupakan awal acara pembuka agenda Selan (bersih desa) serta bentuk nguri - nguri leluhur yang banyak berjuang membangun desa untuk menuju kemajuan," ucap Kades Munggu, Sukamto kepada republikjatim.com, Sabtu (27/07/2019).

Selain itu, lanjut Sukamto usai nyekar acara akan dilanjutkan agenda bersih desa lainnya. Nyekar itu mulai dari makam KH Abdul Mu'in di belakang Masjid Munggu sebagai tokoh syiar Islam, dilanjut ke makam Kades pertama Desa Munggu dan seterusnya.

"Nyekarnya sampai ke makam kepala desa ketujuh tadi, " imbuhnya.

Sementara mantan Kepala Desa Munggu kedelapan, Hanan Hasbullah ketika dimintai keterangan terkait menegaskan mulai pertama hingga terakhir banyak sejarah Desa Munggu. Menurutnya, Kepala Desa Munggu ke 1 Mbah Wonodrono yang dimakamkan di Makam Pandean, ke 2 Mbah Kardjodikrono dimakamkan di ketinggian 212 meter di Lereng sisi selatan Gunung Bonjing, dan kemudian yang ke 3 Mbah Soidjoyo dimakamnkan di dekat makam Mbah Wonodrono. Sedangkan untuk Kepala Desa ke 4 Mbah Samud yang makamnya lupa.

"Kemudian diurutan ke 5 Mbah Lamin yang dulu diculik dan dikubur hidup- hidup PKI lalu oleh TNI dari Siliwangi dipindah ke Makam Pahlawan di Ponorogo. Selanjutnya, Mbah Lamin adalah kakak KH Abdul Mu'in," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Hanan Hasbullah berikutnya Kepala Desa ke 6 adalah Mbah Mardi yang dimakamkan dimakam besar desa serta makam Kepala Desa ke 7 yaitu Mbah Saridi (ayahnya sendiri) yang makamnya disebelah selatan Mbah Mardi. Selain itu, dua mantan Kepala Desa Munggu yang masih hidup yaitu dirinya Kepala Desa ke 8 (1989 sampai 2007). Sedangkan yang ke 9 adalah Andri Catur Darminto (2007-2013).

"Sekarang dijabat Sukamto ini yang ke 10," tandasnya. Ami/Waw