Melongok Kegiatan Kader Posyandu dan BKB Penambangan Balongbendo


Melongok Kegiatan Kader Posyandu dan BKB Penambangan Balongbendo TIMBANG - Sekitar 40 balita mengantri untuk ditimbang kades Posyandu Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Rabu (06/11/2019).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Suara tangisan balita lucu dan imut yang hendak ditimbang mengagetkan para ibu yang antri daftar di posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB) Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Rabu (06/11/2019). Mereka menoleh ke belakang melihat balita Ardra Surya Pratama dengan posisi setengah berdiri yang panik ketakutan karena ditimbang itu.

Sejak dari pagi ibu-ibu dan bayi di bawah 5 tahun (balita) mengikuti kegiatan rutin bulanan minggu pertama setiap hari Rabu yakni timbang bayi dan BKB. Kegiatan ini dipusatkan di pendopo Balai Desa setempat.

Seusai balita ditimbang dan dicek kesehatannya, kemudian diberi bubur kacang ijo sebagai asupan makanan tambahan. Sembari menyuapi bayi sang ibu diberi parenting tentang Bina Keluarga Balita sambil mendampingi bayi yang bermain bola plastik, balok kubus, dan sepeda plastik.

"Ini biasanya yang mengikuti timbang bayi dan BKB hampir 40 orang. Beda kalau ada imunisasi bisa sampai 50 orang," kata Anggota BKPB, Kusfeni kepada republikjatim.com, Rabu (06/11/2019).

Ketua BKB Penambangan, Anik Setyowati menjelaskan BKB ini upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu dalam menumbuh kembangkan balitanya. Yakni melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral.

"Prosesnya berlansung dalam interaksi antara ibu dan lingkungan tempat tinggal," paparnya.

Baginya, posyandu memiliki peran kegiatan kesehatan dasar yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, melahirkan dan nifas. Selain itu, juga kesehatan Keluarga Berencana untuk mencapai keluarga yang sehat sejahtera.

"Lebih kepada pencegahan penyakit sejak dini dan pengobatan balita," tegasnya.

Sementara salah seorang anggota posyandu, Nurul Azizah mengaku posyandu terdiri dari lima orang anggota kader per pos dari empat pos yang ada di desa. Sedangkan BKB satu pos beranggotakan tujuh orang.

"Kegiatan posyandu dan BKB ini tidak dipungut biaya. Pemerintah Desa Penambangan membantu dan mendukung penuh pembiayaannya," tandasnya. Zak/Waw