Ketua MKKS SMK Swasta Sidoarjo Sampaikan Pesan Nasionalisme Lewat Lagu


Ketua MKKS SMK Swasta Sidoarjo Sampaikan Pesan Nasionalisme Lewat Lagu HOBI - Ketua MKKS SMK Swasta Sidoarjo, Dr Kisyanto menaiki mobil jeep kuno (tua) miliknya karena sudah hobi sejak muda mengoleksi mobil-mobil tua, Selasa (27/08/2019).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Ketua MKKS SMK Swasta Sidoarjo, Dr Kisyanto memiliki cara berbeda dalam menyampaikan pesan nasionalisme bagi kalangan siswa dan pelajar. Baginya pria penghobi mobil Jeep kuno (tua) ini, lagu-lagu nasionalisme memudahkan para pelajar menerima pesan moral, perjuangan dan rasa nasionalisme.

"Lagu memberi pesan yang lebih efektif isinya sampai pada sasaran. Lagu berjudul Indonesia sarat dengan muatan nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air, menghargai para pahlawan dan pendiri negeri ini. Sekaligus kesatuan dan persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia," terang Dr Kisyanto kepada republikjatim.com, Selasa (27/08/2019).

Lebih jauh, Kisyanto yang juga menjabat Sekretaris MKKS SMK Swasta Jatim ini menguraikan dalam memperingati HUT RI ke 74 pihaknya memang menyampaikan pesan melalui lagu. Selain agar berbeda dengan perayaan HUT RI lainnya juga agar pesan langsung mengena ke kalangan siswa dan pelajar.

"Bagi kami pembelajaran moral dan nasionalisme sangat patut dipertimbangan agar mudah diterima dan tepat sasaran," imbuhnya.

Karena itu, Doktor Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang (UNM) ini menguraikan lembaga atau pihak lain bisa merayakan HUT dengan cara-cara umum. Misalnya, mulai upacara bendera di laut, di gunung, mengadakan syukuran di malam 16 Agustus, menghias kampung dengan berbagai hiasan dan lampu, mengadakan berbagai lomba, karnaval dan lain sebagainya. Karena hal itu sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah Tuhan kepada bangsa Indonesia yang berupa kemerdeka ini.

"Bagi kami lagu merupakan salah satu model pembelajaran inovatif. Muatan pesan lagu adalah pendidikan karakter kebangsaan. Bagi kami lagu dengan aransemen musik yang bisa diterima semua lapisan masyarakat bersifat non komersial merupakan tanggung jawab moral sebagai warga negara untuk mencintai dan menjaga kesatuan dan persatuan serta keutuhan NKRI. Apalagi sebagai seorang pendidik," tegas Kepala SMK YPM 08 Sidoarjo ini.

Sementara lagu Indonesia itu, diciptakan dan diaransemen warga Desa Keboharan, Kecamatan Krian, Sidoarjo ini disela-sela kesibukannya sebagai Kepala Sekolah. Bahkan lagu itu sudah diunggah di youtube agar masyarakat, para pemuda dan pelajar bisa mendengarnya dengan cara klik https://youto.be/9KzgGDmo_z4.

"Untuk semangat nasionalisme pasti akan kami kerjakan. Apalagi untuk menggugah semangat para pelajar penerus bangsa," tandasnya. Waw