Kades Wonokarang Minta Penerima BLT DD Belanjakan Uang Bantuan Sesuai Kebutuhan


Kades Wonokarang Minta Penerima BLT DD Belanjakan Uang Bantuan Sesuai Kebutuhan SALURKAN - Ny Enik Puspatin warga Dusun Karangwungu RW 02 salah satu menerima BLT DD dari Kepala Desa Wonokarang, Debi Setiyo Wandono, Senin (16/08/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Wonokarang, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2021. Bantuan senilai Rp 300.000 per bulan itu dibagikan secara rapel 4 bulan di Pendopo Kantor Desa setempat, Senin (16/08/2021).

"Penyaluran BLT DD ini sudah melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 68 orang. BLT DD ini melalui Verifikasi dan Validasi (Verval) serta Musdesus. Tujuannya membantu perekonomian warga yang terkena dampak Covid-19. Kriterianya hilang mata pencaharian, penyakit kronis dan belum terdata (menerima) bantuan sosial sama sekali," ujar Kades Wonokarang, Debi Setiyo Wandono kepada republikjatim.com, Senin (16/08/2021).

Debi berharap kepada puluhan KPM yang sudah menerima BLT DD agar digunakan untuk keperluan (kebutuhan) sesuai dengan kebutuhan skala prioritas. Terutama kebutuhan hidup sehari-hari.

"Kalau bisa untuk kebutuhan pokok dan belanjanya di sekitar rumah (tetangga) sendiri. Agar perekonomian bisa berputar di desa," pintahnya.

Selain itu, kata Debi juga dimanfaatkan untuk keperluan prioritas lainnya. Salah satu contohnya untuk biaya pendidikan atau membayar sekolah anak.

"Misalnya seperti untuk membayar SPP atau kebutuhan sekolah yang ada di dalamnya," tegasnya.

Sekdes Wonokarang, Agus memastikan penyaluran BLT DD ini sudah melalui Musdesus. Selain itu, KPM juga bakal memanfaatkan uang bantuan itu akan dipergunakan sebaik-baiknya.

"Walau yang lebih tahu kebutuhan masyarakat itu sendiri, kami berharap supaya dibelanjakan yang lebih penting jangan dibuat hal-hal yang kurang bermanfaat," jelasnya.

Sementara salah seorang penerima BLT DD, Ny Enik Puspatin warga asal Dusun Karangwungu RW 02 terlihat raut wajahnya bahagia dan gembira sembari menggendong anaknya. Enik menerima BLT DD sebesar Rp 1,2 juta. Uang itu rencananya bakal dibuat keperluan (kebutuhan) keluarga sehari-hari.

"Alhamdulillah kami menerima BLT DD dari Pemdes Wonokarang. Uang bantuan rencananya kami manfaatkan untuk kebutuhan pokok sehari-hari," tandasnya. Zak/Waw