Gus Muhdlor Pastikan Jalan Rusak Berat di Kawasan Buduran Diperbaiki Sebelum Akhir Mei 2022


Gus Muhdlor Pastikan Jalan Rusak Berat di Kawasan Buduran Diperbaiki Sebelum Akhir Mei 2022 RUSAK BERAT - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat sidak di ruas JL Raya Industri, Desa Sukorejo, Kecamatan Buduran, Sidoarjo yang kondisinya rusak berat, Sabtu (21/05/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Sejumlah ruas jalan di kawasan Buduran, Sidoarjo dalam waktu dekat bakal segera diperbaiki. Perbaikan paling lambat dilaksanakan sebelum akhir Mei 2022.

Ada tujuh ruas jalan di kawasan Buduran yang masuk dalam rencana proyek pemeliharaan Tahun 2022. Diantaranya ruas Jalan Sidokepung - Buduran atau ruas Jalan Industri Buduran dan ruas Jalan Banjarkemantren - Sidokepung, Kecamatan Buduran.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat sidak di kawasan padat penduduk dan kawasan industri itu menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBM dan SDA) Pemkab Sidoarjo, Dwi Eko Saptono untuk segera memperbaiki kerusakan sejumlah ruas jalan itu. Putra KH Agoes Ali Masyhuri ini minta minggu depan sebelum akhir Mei 2022, jalan rusak berat itu harus sudah diperbaiki.

"Banyak kendaraan besar yang masuk ke pabrik membuat jalan ini (industri) cepat rusak. Saya minta sebelum akhir Mei perbaikan jalan mulai dikerjakan. Ruas ini untuk sementara bisa dimasukkan dalam proyek prioritas betonisasi. Kita mapping dulu, karena banyak jalan di beberapa kecamatan juga butuh segera dibeton," ujar Bupati muda yang akrab disapa Gus Muhdlor ini saat sidak di ruas JL Raya Industri, Desa Sukorejo, Kecamatan Buduran, Sabtu (21/05/2022).

Saat sidak itu, Gus Muhdlor didampingi Plt Kepala PUBM dan SDA Pemkab Sidoarjo, Dwi Eko Saptono berangkat gowes dari Rumah Dinas Bupati Sidoarjo menuju kawasan Buduran. Selain ruas JL Raya Industri yang menjadi atensi Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo ini yakni Jala Desa Banjarkemantren.

"Kami minta Kadis PUBM dan SDA, segera menangani kerusakan jalan yang sehari-hari menjadi akses utama warga Kemantren ini. Jalan rusak di Banjarkemantren segera perbaiki. Dinas PUBM dan SDA juga harus bisa mapping sementara, dicatat dulu untuk dimasukkan prioritas betonisasi," tegasnya.

Sementara Plt Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUBM dan SDA, Rizal Asnan yang mewakili Plt Kadis PU Bina Marga SDA menegaskan dalam minggu ini sebanyak tujuh ruas jalan di wilayah Buduran segera dilaksanakan proyek pemeliharaan.

"Paling lambat mulai dikerjakan minggu depan. Dalam minggu ini akan dilakukan penandatanganan Surat Perintah Kerja (SPK). Setelah itu langsung dikerjakan pengerjaannya," ungkapnya.

Tahun 2022 ini, kata Rizal Dinas PUBM dan SDA Pemkab Sidoarjo tengah menuntaskan 17 ruas jalan betonisasi dengan total panjang sekitar 21 kilometer. Selain menyelesaikan proyek betonisasi, proyek pemeliharaan jalan sebanyak 68 ruas juga tengah dikebut.

"Sejumlah ruas jalan yang nantinya akan dimasukkan dalam prioritas betonisasi Tahun 2023. Dinas PUBM dan SDA saat ini juga tengah mendata sementara ruas mana saja yang nanti bisa dimasukkan dalam prioritas betonisasi Tahun 2023 menindaklanjuti arahan Pak Bupati. Termasuk mencatat jalan di kawasan Buduran ini," pungkasnya. Hel/Waw