Gasak HP Milik PNS Seharga Rp 7 Juta, Pria Bertato Dijebloskan Tahanan


Gasak HP Milik PNS Seharga Rp 7 Juta, Pria Bertato Dijebloskan Tahanan DITAHAN - Tersangka Andy Kurniawan (44) warga Dusun Bibis Barat, Desa Tambakkemerakan, Kecamatan Krian Sidoarjo ditahan penyidik Polsek Balongbendo karena menggasak HP milik PNS di Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Kamis (21/01/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Tersangka Andy Kurniawan warga Dusun Bibis Barat, Desa Tambakkemerakan, Kecamatan Krian Sidoarjo terpaksa berurusan dengan penyidik Polsek Balongbendo. Pria 44 tahun ini, dituding menggasak Hand Phone (HP) milik seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Dewi Kusmiati (48) warga Dusun Kapas Melati, Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.

Kini, tersangka dan barang bukti HP seharga Rp 7 juta diamankan di Polsek Balongbendo.

"Tersangka dan barang buktinya sudah kami amankan di Polsek untuk proses penyelidikan lebih mendalam," ujar Kapolsek Balongbendo, Kompol Ari Priambodo, Kamis (21/01/2021).

Ari menceritakan awalnya, korban memarkir sepeda motornya di depan warung nasi Bu Siti di pinggir JL Raya Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo. Saat itu, HP korban ditaruh di dasbord motor miliknya. Setelah itu, korban masuk warung.

"Seketika korban mengingat jika HP miliknya masih di dasbord motornya. Saat akan diambil, HP korban sudah tidak ada," imbuh polisi berpangkat melatih satu ini.

Kemudian, lanjut Ari korban berbicara dengan saksi Bagus Tri Susilo jika HP miliknya sudah tidak ada di tempat. Selanjutnya, saksi menghampiri tersangka (Andy Kurniawan) yang ada di sebelah motor milik korban. Apalagi, saksi melihat di dasbord motor tersangka berbadan tegap dan tanganya dipenuhi tato itu, ada HP yang diduga milik korban.

"Saat ditanyakan soal HP itu, terjadi debat mulut. Akhirnya tersangka mengakui mengambil HP milik korban tanpa seijin pemiliknya. Kemudian kasus ini dilaporkan ke Polsek Balongbendo dan diproses sekarang ini," tegasnya.

Sementara dalam kasus ini, lanjut Kapolsek Balongbendo petugas tidak hanya menahan tersangka yang badannya dipenuhi tato itu. Akan tetapi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, sebuah HP merek samsung tipe A 8 + Warna hitam seharga sekitar Rp 7 juta serta sepeda motor Honda Vario milik tersangka bernopol W 2045 AH beserta STNK dan kontaknya.

"Dalam kasus ini korban mengalami kerugian sekitar Rp 7 juta. Tersangka bakal dijerat pasal 362 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian," pungkasnya. Zak/Nan/Waw