Empat Pimpinan DPRD Sidoarjo Diambil Sumpah, 7 Fraksi Diumumkan Segera Bentuk AKD


Empat Pimpinan DPRD Sidoarjo Diambil Sumpah, 7 Fraksi Diumumkan Segera Bentuk AKD SUMPAH - Empat pimpinan DPRD Sidoarjo melaksanakan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo, Dr Yapi di ruang Sidang Paripurna DPRD Sidoarjo, Jumat (20/09/2019).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Rapat Paripurna pengucapan sumpah jambatan Pimpinan Definitif DPRD Sidoarjo masa jabatan 2019 - 2024 digelar di Ruang Rapat Paripurna, Jumat (20/09/2019). Rapat Paripurna ini menetapkan menetapkan H Usman sebagai Ketua DPRD Sidoarjo (Fraksi PKB), Bambang Riyoko sebagai Wakil Ketua (Fraksi PDI-P) dan Kayan sebagai Wakil Ketua (Fraksi Gerindra) dan Dr Emil Firdaus ssbagai Wakil Ketua (Fraksi PAN).

"Alhamdulillah pengambilan sumpah jabatan berjalan lancar. Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Sidoarjo atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada kami," terang Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman kepada republikjatim.com, Jumat (20/09/2019) seusai Rapat Paripurna.

Usman mengungkapkan setelah empat pimpinan definitif diambil sumpah jabatan, maka pihaknya bakal langsung menggelar rapat bersama pimpinan 7 fraksi yang terbentuk. Hal ini untuk menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) agar bisa segera diselesaikan.

"Kami berupaya mempercepat pembentukan AKD. Kami targetkan yang selesai lebih awal adalah penyusunan Bamus dan Banggar. Ini agar pembahasan evaluasi PAK 2019 dapat segera terselesaikan dan diparipurnakan," tegasnya.

Sementara Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menegaskan jika sidang paripurna ini merupakan hajatan bersama antara Pemkab dan DPRD Sidoarjo. Pihaknya berharap melahirkan kebijakan yang pro terhadap kesejahteraan rakyat dan kepentingan masyarakat. Selain itu mendukung seluruh pembangunan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Ingat harus mendukung pembangunan. Saya tidak mau cari lawan, saya mau berteman. Karena antara Pemkab dan DPRD Sidoarjo sebagai mitra. Ingat dan harus diingat kita mitra," kata Abah Ipul disambut tepuk tangan anggota dewan dan para undangan.

Selama ini, kata Abah Ipul antara Pemkab dan DPRD Sidoarjo memiliki kedudukan yang sejajar. Namun tugas dan fungsinya saja yang berbeda. Pihaknya meminta terjalin hubungan harmonis antara Pemkab dan DPRD Sidoarjo agar setiap program berjalan lancar.

"Karena dewan memiliki tiga tugas yang melekat. Yakni legislasi, penganggaran dan pengawasan. Jadi tanggung jawabnya sama karena sama-sama menyusun Perda maupun menyusun APBD Sidoarjo," tandasnya.

Sementara dalam sidang pembacaan 7 fraksi di DPRD Sidoarjo berjalan lancar. Diantaranya Ketua Fraksi PKB, Abdillah Nasih dan Sekretaris, Rizza Ali Faizin, Ketua Fraksi PDIP, Suyarno dan Sekretaris, Choirul Hidayat, Ketua Fraksi Gerindra, Anang Siswandoko dan Sekretaris, Bashor, Ketua Fraksi PAN PPP, Adhi Syamsetyo Djoko Lelono dan Sekretaris, Haris, Ketua Fraksi Golkar, Warih Andono dan Sekretaris, M Nizar, Ketua Fraksi PKS, Deny Haryanto dan Sekretaris, Atok Ashari serta Ketua Fraksi Nasdem Demokrat, Mochammad Sochib dan Sekretaris, Muhammad Agil Effendi.

Dalam Sidang Paripurna kali ini dihadiri 42 anggota DPRD Sidoarjo. Sebanyak 8 anggota dewan lainnya tidak menghadiri acara resmi ini. Waw/Adv