Dua Warga Jepara Tertipu, Tiga Komplotan Penipu Bawa Kabur Barang Dagangan Senilai Rp 78,1 Juta


Dua Warga Jepara Tertipu, Tiga Komplotan Penipu Bawa Kabur Barang Dagangan Senilai Rp 78,1 Juta BUKTI - Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menunjukkan barang bukti penipuan senilai Rp 78,1 juta sekaligus menginterogasi 3 komplotan penipuan, Jumat (22/10/2021).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Dua warga Jepara, Jawa Tengah menjadi korban penipuan yang dilakukan komplotan tiga penipu di Desa Kedungkembar dan Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Namun, ketiga tersangka yang seorang diantaranya merupakan anak dibawa umur berhasil diringkus petugas Satuan Reskrim, Polresta Sidoarjo.

"Ketiga tersangka sudah diamankan dan ditahan Polresta Sidoarjo. Untuk anggota komplotan penipuan yang masih dibawah umur proses hukumnya tersendiri," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro kepada republikjatim.com, Jumat (22/10/2021).

Mantan Wakapolresta Banyuwangi ini menceritakan kasus penipuan bermula ketika korban yang berjualan celana pendek dan panjang, memasarkan melalui media sosial (Medsos). Kemudian dihubungi (chat) salah seorang tersangka untuk memesan 3.080 pcs. Tersangka membayarkan tanda jadi Rp 1,5 juta setelah pesanan jadi.

"Karena mendapat uang muka, korban mengirimkan pesanan tersebut pada 22 September 2021 lalu ke Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon," imbuhnya.

Saat pesanan diturunkan dari mobil, ke dalam toko, celana panjang dan pendek disisakan 100 pcs. Kemudian diletakkan di mobil korban dengan alasan meminta tolong ditaruh di rumah tersangka. Apalagi, dengan alasan sekalian akan melakukan pembayaran di rumah tersangka.

"Tapi di tengah perjalanan, tersangka melarikan diri hingga korban tertinggal di belakang. Saat korban kembali lagi ke toko tersangka, sayangnya sudah tidak ada barang di dalam toko itu. Barang itu, ternyata sudah dipindahkan tersangka lainnya. Akibatnya, korban pertama mengalami kerugian senilai Rp 32,1 juta," tegas Kusumo.

Tidak berhenti disitu. Kemudian, ketiga komplotan penipu ini kembali menjalankan aksi serupa kepada satu warga Jepara lainnya. Para tersangka memesan celana panjang dan pendek sejumlah 3.000 pcs. Akan tetapi untuk pesanan kedua ini, dikirim ke Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon dengan modus sama.

"Dalam kasus yang dialami korban kedua ini mengalami kerugian sejumlah Rp 46 juta," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Kusumo Kedua warga asal Jepara yang menjadi korban penipuan, melapor kepada Polresta Sidoarjo. Hingga petugas berhasil menangkap komplotan penipuan itu. Yakni AF warga asal Gresik, WK warga asal Sukodono, Sidoarjo dan seorang tersangka lainnya lagi masih di bawah umur.

"Ketiga tersangka yang diamankan Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo diduga melakukan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan . Ancaman hukumannya pidana penjara maksimal empat tahun penjara," tandasnya. Zak/Waw