Curi Laptop, Arek Krembung Minta Tebusan Korban Rp 300.000


Curi Laptop, Arek Krembung Minta Tebusan Korban Rp 300.000 DIGELANDANG - Tersangka pencurian, Andiko Fernando Javer (19) saat digelandang petugas Polsek Krembung, Selasa (14/01/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Seorang pemuda, Andiko Fernando Javer warga Dusun Balowono, Desa Wonomlati, Kecamatan Krembung, Sidoarjo terpaksa dijemput petugas Unit Reskrim, Polsek Krembung. Pemuda 19 tahun ini dijebloskan ke dalam tahanan karena dituding nekad mencuri Notebook merek Axio milik Alvin Sukriyatis warga Desa Cangkring, Kecamatan Krembung, Sidoarjo.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti pencurian. Diantaranya, sebuah Notebook warna putih, sebuah buku BPKB motor Yamaha, sebuah buku BPKB motor Honda Beat dan sebuah besi tata panjang 25 sentimeter.

"Tersangka dan barang buktinya sudah diamankan petugas," terang Kapolsek Krembung AKP Purwanto kepada republikjatim.com, Selasa (14/01/2020).

Lebih jauh, mantan Kanit Intel Polsek Sidoarjo Kota ini menceritakan pencurian itu diketahui korbannya saat dari pulang kerja sekitar 16.00 WIB. Saat pulang, korban membuka pintu. Setelah membuka pintu depan rumah, korban melihat pintu ruang kamar depan serta belakang dalam kondisi berantakan. Seketika korban mengecek ke dalam ruangan. Ternyata pintu ruang tengah serta pintu belakang rumah terbuka dengan kondisi engsel pintu rusak bekas congkelan besi tata.

"Memang sebelumnya, tersangka tidak mengakui perbuatannya. Bahkan besi tata itu diakui milik temannya," ungkapnya.

Kasus pencurian ini terungkap, lantaran tersangka tidak menjual barang curian itu ke orang lain. Namun tersangka mendatangi rumah korban, dengan membawa barang curian. Tersangka berdalih barang curian itu adalah barang gadai dari seseorang korban kecelakaan.

"Tetapi dalih tersangka, tidak dipercayai begitu saja oleh korban. Lah korban pencurian kok malah dimintai uang Rp 300.000 itu yang membuat curiga," tegasnya.

Sementara saat ditanya tersangka, tidak dapat menjawab maupun menjelaskan asal-usul barang itu. Sehingga kasus itu dilaporkan korban ke Polsek Krembung.

"Saat kasus ditindak lanjuti, akhirnya tersangka digelandang ke Polsek Krembung. Tersangka mengakui pencuri notebook di rumah korban adalah dirinya," pungkasnya. Yan/Waw