Cegah Sebaran Omicron, Polisi Sidoarjo Gencar Vaksinasi Pengguna Jalan di Wilayah Perbatasan


Cegah Sebaran Omicron, Polisi Sidoarjo Gencar Vaksinasi Pengguna Jalan di Wilayah Perbatasan VAKSIN - Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengecek vaksinasi di wilayah perbatasan sebagai upaya memfilter penyebaran Covid-19 varian baru Omicron seperti di Pos P1 Waru, Sidoarjo, Minggu (16/01/2022).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Untuk memfilter penyebaran Covid-19 varian baru (Omicron) polisi Sidoarjo rutin menggelar vaksinasi dan mengedukasi protokol kesehatan di wilayah perbatasan Sidoarjo dan wilayah lain. Kali ini, kegiatan digelar di Pos P1 Waru, Sidoarjo, Minggu (16/01/2022).

Langkah ini sebagai upaya mencegah penyebaran varian baru Covid-19, Omicron dengan menggelar vaksinasi dan mengedukasi protokol kesehatan secara humanis. Sasaran razia dan edukasi prokes kali ini, pengendara yang melintas dari arah Surabaya menuju Sidoarjo.

Tidak sedikit pengendara di pinggirkan petugas, untuk dicek sudah vaksin atau belum melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, secara humanis Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro bersama anggotanya mengedukasi prokes sambil membagikan masker dan sembako agar masyarakat tidak lengah dalam memakai masker saat berada di luar rumah.

Salah seorang pengguna jalan Feri warga Gedangan mengaku baru pulang dari Surabaya. Pria 43 tahun ini merasa kaget ada petugas menghentikan laju motornya di Pos Waru. Dia mengira ada razia lalu lintas.

"Eh, ternyata ditanyai sudah vaksin apa belum, kebetulan saya belum vaksin kedua. Dengan mudah saya dilayani vaksin kedua itu," ujarnya kepada republikjatim.com, Minggu (16/01/2022).

Soal razia vaksinasi dan edukasi prokes di P1 Waru, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengaku upaya ini sebagai langkah Polri, TNI, Pemerintah dan beberapa pihak terkait lain di Sidoarjo dalam mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19, Omicron. Meski pencapaian vaksinasi di Sidoarjo sudah tergolong tinggi.

"Kami akan terus memasifkan percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity dan patuhi protokol kesehatan. Karena upaya ini efektif mencegah penularan Covid-19 dan varian barunya yakni Omicron," jelas mantan Wakapolresta Banyuwangi ini.

Selain itu, lanjut Kusumo pihaknya bakal rutin menggiatkan kegiatan semacam itu di berbagai lokasi perbatasan lainnya. Yakni dengan lokasi yang berpindah-pindah.

"Khususnya di wilayah perbatasan dengan kota delta Sidoarjo," tandasnya. Zak/Waw