BHS Apresiasi Cara Warga Perumtas 3 Sidoarjo Cegah Penyebaran Covid-19


BHS Apresiasi Cara Warga Perumtas 3 Sidoarjo Cegah Penyebaran Covid-19 CEGAH - Bacabup Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) sosialisasi di Perumtas 3 Desa Kepuhkemiri, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo soal pencegahan virus Corona (Covid-19) sekaligus membagi masker, sabun dan penyemprotan disinfektan, Selasa (31/03/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengapresiasi cara warga RW 06, Perumtas 3, Desa Kepuhkemiri, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. Ini menyusul, di lingkungan warga perumahan itu menyedikan alat pencuci tangan baik air dan sabun sebelum memasuki rumah warga perumahan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Selain itu, juga mengapresiasi lingkungan warga yang sangat bersih dan asri. Sekaligus juga adanya sejumlah fasilitas umum berupa lapangan voli, lapangan badminton dan lapangan sepakbola mini yang ada di lingkungan itu.

Kendati demikian, kedatangan BHS bersama timnya ke kampung ini juga tetap membagikan ratusan masker, sabun cuci tangan serta melaksanakan penyemprotan rumah warga hingga di sejumlah Rukun Tetangga (RT) yang ada di lingkungan RW 06 itu.

"Kami sangat mengapresiasi kesiapan warga dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Termasuk pengelolaan kebersihan lingkungan. Mereka (warga) swadaya menyediakan alat pencuci tangan di depan rumah masing-masing warga. Makanya kami pun membagikan sabun, masker serta penyemprotan agar warga Perumtas 3 tetap sehat dan terhindar dari Covid-19," terang Bambang Haryo Soekartono kepada republikjatim.com, Selasa (31/03/2020).

Lebih jauh, BHS yang juga mantan anggota DPR RI periode 2014 -2019 ini memaparkan jika warga Perumtas 3 baik yang ada di wilayah Kecamatan Wonoayu maupun Kecamatan Tulangan adalah warga yang hebat-hebat. Mereka bekerja dengan sejumlah profesi mulai dari anggota TNI, pegawai BUMN, maupun pegawai perusahaan serta pengusaha itu.

"Warga Perumtas berisi orang-orang hebat. Jadi banyak aset perusahaan ada disini. Jadi warga tidak boleh terinfeksi Covid-19. Karena warga perumtas ini aset perusahaan dan perusahaan sumber devisa bagi pendapatan Sidoarjo. Kami pun mengapresiasi upaya warga yang secara optimis bersiap menjaga hidup sehat. Sekakigus melawan dan memutus mata rantai persebaran virus Corona itu," imbuhnya.

Bagi Bambang pihaknya tidak hanya melaksanakan penyemprotan disinfektan, akan tetapi juga mensosialisasikan perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Diantaranya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E. Diantaranya bayem, tomat dan brokoli.

"Termasuk menyiapkan minimuman rempa-rempa yang bisa membuat tubuh tetap sehat yakni campuran kunir, jahe, daun siri dan kuning telur. Termasuk memanaskan tubuh dibawa terik mentari minimal 15 menit saat pukul 10.00 WIB. Semua upaya itu untuk melindungi warga dari serangan virus Corona (Covid-19) yang sudah pandemi saat ini," tegasnya.

Bagi BHS yang paling utama selain menggunakan masker dan PHBS adalah sering mencuci tangan sebelum melaksanakan berbagai aktivitas. Yakni mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

"Tidak perlu dan tidak harus pakai hand sanitizer. Cukup menggunakan sabun dan air maka virus Corona yang menempel akan hancur terkena sabun itu," paparnya.

Sementara meski sudah kerap melaksanakan penyemprotan dan pembagian masker di sejumlah desa di Sidoarjo, BHS bersama timnya terus mengajak masyarakat memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Kali ini, tidak hanya digelar di RW 06, Perumtas 3, Desa Kepuhkemiri, Kecamatan Tulangan, akan tetapi kegiatan yang sama juga digelar di Desa Sumokali, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

"Saya akan terus mengajak warga melawan virus Corona. Karena saya tak ingin warga Sidoarjo menjadi korban persebaran Covid-19 itu," tandasnya. Hel/Waw