Bagikan Ratusan Kambing dan Sapi Kurban, Gus Muhdlor Konsisten Pesan Kurangi Plastik


Bagikan Ratusan Kambing dan Sapi Kurban, Gus Muhdlor Konsisten Pesan Kurangi Plastik SERAHKAN - Bacabup Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menyerahkan hewan kurban kambing dan sapi kepada para relawan dan organisasi sosial kemasyarakatan, Kamis (30/07/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) membagikan sebanyak 100 ekor kambing dan 20 ekor sapi sehari menjelang Idul Adha 1441 Hijriyah. Pembagian ratusan ekor hewan kurban ini dengan cara diambil langsung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Sholawat, Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo. Akan tetapi, sebagian besar hewan kurban itu juga diantar ke tempat tujuan.

Ratusan hewan kurban itu, didistribusikan untuk sejunmlah organisasi kemasyarakatan. Diantara Pimpinan Anak Cabang (PAC), Fatayat, Ansor, PC Muslimat, Madrasah Diniyah (Madin), Organisasi Sosial (Orsos), pengurus pesantren serta para relawan.

"Alhamdulillah, semua hewan kurban itu sudah terdistribusikan. Ini upaya saya agar tidak ada kerumunan saat pembagian daging kurban. Semua dibebaskan memotong hewan kurban di tempatnya masing-masing," ujar Bacabup Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali kepada republikjatim.com, Kamis (30/07/2020) saat melayani kader dan relawan yang mengambil hewan kurban itu.

Saat pembagian ratusan hewan kurban itu, Bacabup Sidoarjo yang bakal diberangkat PKB ini berpesan agar saat pembagian hewan kurban tidak menggunakan plastik. Akan tetapi bisa digantikan dengan besek (anyaman) bambu.

"Itu penting. Jadi ganti kresek (plastik) dengan besek agar lebih ramah lingkungan. Ini bagian kampanye mengurangi sampah plastik yang dimanfaatkan membungkus daging kurban. Ini bagian kepedulian kita semua dalam menjaga lingkungan," tegas Alumnus Unair Surabaya ini.

Sementara Koordinator Pembagian Hewan Kurban, Abud Asyrofi menegaskan pembagian hewan kurban itu merata di 18 wilayah kematan di Sidoarjo. Untuk kambing rata-rata didistribusikan 4 kambing per kecamatan dan 1 sapi untuk 1 kecamatan.

"Alhamdulillah sampai dini hari tadi, semua hewan kurban sudah terdistribusikan dengan baik dan selesai semua," tandasnya. Zak/Hel/Waw