Atasi Banjir di Sidoarjo, Gus Muhdlor Bakal Revitalisasi Sungai dan Bangun RTH


Atasi Banjir di Sidoarjo, Gus Muhdlor Bakal Revitalisasi Sungai dan Bangun RTH TINJAU SUNGAI - Bacabup Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat meninjau salah satu sungai di wilayah Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jumat (10/01/2020).

Sidoarjo (republikjatim.com) - Bencana banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Sidoarjo menjadi perhatian serius Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali. Pria yang akrab dipanggil Gus Muhdlor ini bakal merevitalisasi sejumlah sungai di Sidoarjo.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir tahunan yang kerap terjadi hampir setiap musim hujan itu. Program itu, bakal direalisasikan jika dirinya terpilih menjadi Bupati Sidoarjo Tahun 2020.

"Langkah utama dan strategis dalam mengatasi banjir adalah berupaya revitalisasi sungai yang menjadi penyebab banjir. Langkah ini harus digalakkan Pemkab dan masyarakat Sidoarjo," kata Gus Muhdlor kepada republikjatim.com, Jumat (10/01/2020).

Selama ini, kata Alumnus Fisip Unair Surabaya ini, dirinya kerap mengecek dan meninjau sejumlah sungai yang menjadi salah satu penyebab banjir di Sidoarjo. Hasilnya, selain ditemukan masih banyak sampah dibiarkan menumpuk, juga tidak ada upaya pengerukan lumpur sungai yang mengalami pendangkalan. Dia mencontohkan sejumlah sungai di wilayah Kecamatan Taman dan Kecanatan Waru, Sidoarjo.

"Di lapangan, masih banyak sungai yang terlihat tumpukan sampah memenuhi sungai. Itu memicu aliran air tidak bisa lancar," imbuh Alumni SMAN 4 Sidoarjo ini.

Bagi putra keenam KH Agoes Ali Masyhuri ini, salah satu langkah dalam menangani banjir adalah merevitalisasi sungai. Caranya dengan melakukan pengerukan sejumlah sungai yang mulai mengalami pendangkalan.

"Tentu pengerukan sungai itu harus dilakukan secara berkala dan kontinyu. Tujuannya, agar tingkat kedalaman sungai tetap terjaga. Dampaknya, sungai mampu menampung air secara maksimal, khususnya ketika musim penghujan. Bahkan aliran sungai bisa lancar," tegas pria hobi membaca ini.

Selain merevitalisasi, Gus Muhdlor juga bakal merancang program sejumlah sungai di Sidoarjo sebagai ruang (taman) rekreasi dan edukasi bagi masyarakat. Taman dan ruang rekreasi ini akan diwujudkan dengan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar sungai yang memiliki lahan kosong.

"Taman maupun RTH itu harus bisa diakses semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan disabilitas. RTH ini juga akan didesain semenarik mungkin agar bisa dinikmati kalangan disabilitas," ungkap Direktur Pendidikan Ponpes Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo ini.

Sementara untuk mewujudkan semua keinginan dan harapan itu, lanjut Gus Muhdlor pihaknya tidak bisa bergerak sendiri. Ia pun berharap seluruh lapisan dan elemen masyarakat ikut andil dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih itu. Termasuk dengan mengurangi penggunaan plastik untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kami akan terus menggalakan kampanye pengurangan penggunaan plastik. Kalau saya terpilih menjadi Bupati Sidoarjo, kami akan mendorong sejumlah komunitas di pedesaan untuk bisa mendaur ulang sampah plastik agar memiliki nilai ekonomis dan bisa dijadikan lapangan usaha baru," tandasnya. Hel/Waw