Arek Tulangan Dinobatkan Jadi Yuk Muslimah Jatim 2019


Arek Tulangan Dinobatkan Jadi Yuk Muslimah Jatim 2019 MUSLIMAH - Rahayu asal Kepadangan, Tulangan terpilih jadi Yuk Muslimah Jatim 2019 setelah menyisihkan ratusan peserta di Jatim dalam ajang pemilihan Yuk Muslimah Jatim Tahun 2019 di Hall Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Minggu (18/11/2019) malam.

Sidoarjo (republikjatim.com) - Rahayu perempuan kelahiran Sidoarjo, Oktober 1998 yang tinggal di Desa Kepadangan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo terpilih menjadi Yuk Muslimah Jawa Timur 2019 setelah berhasil menyisihkan ratusan peserta dari kabupaten/kota di Jawa Timur. Ajang pemilihan Yuk Muslimah Jawa Timur Tahun 2019 berlangsung di Hall Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Sidoarjo di JL Lingkar Timur, Sidoarjo. Minggu (18/11/19) malam.

Keseharian perempuan dengan nama lengkap Slamet Muji Rahayu ini merupakan seorang mahasiswi di salah satu Universitas Negeri di Malang. Dia berbekal tinggi 165 sentimeter dan menguasai empat bahasa, yakni Bahasa Jepang, Inggris, Jawa dan Indonesia.

Selain itu, Rahayu berhasil meyakinkan para dewa juri, mulai dari penilaian cara berkomunikasi hingga penyampaian visi seorang Yuk Muslimah berhasil disampaikan dengan baik di hadapan dewa juri. Salah satu dari empat dewan jurinya adalah mantan model sekaligus anggota DPR RI, Arzetti Bilbina.

Rahayu yang pernah menjadi finalis Duta Bahasa Jawa Timur 2019, juara 2 artikel Student Day 2017 dan juara 3 Madya LKBB PPI Tahun 2015 berharap dengan adanya ajang pemilihan Yuk Muslimah ini bisa memotivasi perempuan Jatim, khususnya peran muslimah terlibat aktif mempromosikan kebudayaan, seni dan pluralisme di Jawa Timur.

"Ajang pemilihan Yuk Muslimah Jatim ini bisa menjadi ajang bagi para muslimah khususnya di Jawa Timur. Selain sebagai Duta Muslimah Jatim juga menjadi ajang promosi budaya, adat dan seni Jawa Timur," katanya.

Selain itu, Rahayu ada nama Padi Maritza dari Sidoarjo yang menjadi juara 3 Yuk Muslimah Jatim 2019. Padi Maritsa yang masih berstatus siswi di salah satu SMA Negeri Surabaya ini tinggal di Perum Delta Sari, Waru Sidoarjo.

Kemudian untuk kategori Best Catwalk dewan juri memilih Feradine Shifa dan kategori Best Inspiring diraih Shavany Oktavia. Ketiganya berasal dari Sidoarjo. Sedangkan juara 2 diraih Laily Rahmah Ramadhani dari Mojokerto dan Yuk Muslimah Favorit diraih Zahrotus Sa’adah dari Lamongan.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah merasa bangga dengan diselenggarakannya ajang pemilihan Yuk Muslimah Jatim yang dilaksanakan di Sidoarjo. Selain itu, yang lebih membanggakan lagi pemenangnya berasal dari Sidoarjo.

"Kami berharap kepada para pemenang agar bisa menjaga nama baik yang disandangnya. Sebagai Yuk Muslimah ada tata cara sendiri dalam berperilaku di masyarakat. Tidak bisa sembarangan lagi karena sudah menjadi contoh bagi para muslimah yang lain," pintahnya.

Bagi abah Ipul sapaan akrab Bupati Sidoarjo dua periode ini jika sudah menyandang Yuk Muslimah harapannya bisa membawa nama baik daerahnya masing-masing. Selain itu, berkontribusi dalam mempromosikan seni dan budaya.

"Yang paling penting menjaga toleransi antar sesama," tandasnya.

Yuk Muslimah Jatim ini, seleksi I dilakukan di daerah masing-masing. Peserta 45 orang hasil seleksi II. Hasil seleksi ke III diambil 15 peserta masuk finalis (1 peserta Tri Dina tidak bisa lanjut karena sakit saat karantina). Penyelenggara Pemilihan Yuk Muslimah Jawa Timur adalah IGYS (Ikatan Guk Yuk Sidoarjo) & FKYMS (Forum Komunikasi Yuk Muslimah Sidoarjo) bekerjasama dengan Dekranasda. Waw