Antisipasi Covid 19, Pelantikan 321 PPS Pilbup Ponorogo di Masing-Masing Kecamatan


Antisipasi Covid 19, Pelantikan 321 PPS Pilbup Ponorogo di Masing-Masing Kecamatan PELANTIKAN - Ketua KPU Ponorogo, Munajat memimpin pembacaan Pakta Integritas dan Penyerahan SK ke PPS terpilih di aula Kecamatan Siman, Ponorogo, Minggu (22/03/2020).

Ponorogo (republikjatim.com) - Prosesi pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 Ponorogo digelar di masing-masing kecamatan. Hal ini berbeda dengan pelantikan PPS sebelumnya.

Jika pelantikan PPS Pilgub dan Pilpres lalu, dari 307 desa/kelurahan di 21 kecamatan digelar serempak di satu tempat saat Pilbup 2020 ini digelar di 21 kecamatan, Minggu (22/03/2020).

Ketua KPU Ponorogo, Munajat mengatakan pelantikan PPS Pilbup 2020 tidak sama dengan periode sebelumnya. Hal ini tidak hanya terjadi di Ponorogo, tapi juga terjadi di 19 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Pelantikan PPS berdasarkan Kelompok Model Pelantikan sesuai surat KPU Nomor 259 tanggal 19 Maret 2020.

"Dalam surat KPU Nomor 259 tanggal 19 Maret 2020 yang ada 3 opsi. Pertama pelantikan Ketua dan anggota KPU Kab/Kota, kedua pendelegasian pelantikan kepada Ketua PPK dan ketiga Penundaan pelantikan PPS atau Penyerahan SK penetapan PPS," katanya.

Lebih jauh Munajat menjelaskan pelantikan di dimasing- masing kecamatan sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 yang menjadi pandemi di sejumlah negara.

"Itu sebagai upaya pencegahan virus Corona. Jadi meminimalisir kerumunan banyak orang. Makanya disiapkan pemantuan dengan pengukuran suhu badan dan observasi gejala klinis seperti batuk dan kesulitan bernafas. Maka segera periksa di Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdejat," imbuhnya.

Sementara pelaksanaan pelantikan PPS sudah dibagi menjadi 5 wilayah serempak digelar. Diantaranya wilayah I (Kecamatan Ponorogo, Babadan, Jenangan dan Kecamatan Ngebel), Wilayah II (Kecamatan Siman, Jetis, Sambit dan Kecamatan Sawoo), Wilayah III (Kecamatan Sukorejo, Kauman, Jambon, Badegan dan Kecamatan Sampung), Wilayah IV (Kecamatan Pudak, Sooko, Pulung dan Kecamatan Mlarak) serta wilayah V (Kecamatan Balong, Slahung, Bungkal dan Kecamatan Ngrayun.

"Tapi, karena ada himbauan Sekda dan DPRD agar pelantikan setelah pukul 13.00 WIB diundur. Jadi yang belum dilantik sebanyak 11 kecamatan. Ini atas saran dan masukan Sekda dan DPRD terkait antisipasi dan pencegahan Covid 19 itu," pungkasnya. Mal/Waw.