25 Pelanggar Tak Pakai Masker Dihukum Pakai Rompi Pelanggar Berdiri di Bundaran TPI Sidoarjo


25 Pelanggar Tak Pakai Masker Dihukum Pakai Rompi Pelanggar Berdiri di Bundaran TPI Sidoarjo ROMPI - 25 orang terjaring razia tertib dan disiplin bermasker yang digelar personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Sidoarjo dihukum berdiri pakai rompi orange di Bundaran Taman Pinang Indah (TPI), Minggu, (13/09/2020)

Sidoarjo (republikjatim.com) - Sedikitnya, 25 orang terjaring dalam razia tertib dan disiplin memakai masker yang digelar personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Sidoarjo mendapatkan sanksi (hukuman), Minggu, (13/09/2020). Selain dihukum menggunakan rompi pelanggaran warna orange, mereka juga diminta berdiri dan dikalungi pelanggar protokol kesehatan di Bundaran Taman Pinang Indah (TPI) Sidoarjo.

"Razia masker di seputar bundaran Perumahan TPI ini juga berkampanye tentang disiplin protokol kesehatan, sekaligus dalam rangka HUT Lalu Lintas ke 65 Tahun. Hasilnya, sebanyak 25 orang pelanggar tidak bermasker diberikan sanksi sosial," ujar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Eko Iskandar kepada republikjatim.com, Minggu (13/09/2020).

Lebih jauh, Eko menjelaskan kali ini, sasaran razia adalah semua warga yang berolahraga pagi dan pengguna jalan yang sedang melintas TPI. Selain itu. pihaknya juga mengapresiasi dengan memberi reward bagi warga yang tertib menjalankan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah itu.

"Dalam razia disiplin bermasker dan kampanye protokol kesehatan ini, bagi warga yang tertib menggunakan masker saat keluar rumah diberikan masker dan susu secara gratis," tegasnya.

Sementara kata Eko bagi warga yang melanggar, diberi sanksi sosial. Salah satu sanksi itu berupa mengenakan rompi warna oranye dan memakai kalung bertuliskan Pelanggar Protokol Kesehatan. Tidak hanya itu, para pelanggar jug kemudian dihukum berdiri di atas bunderan TPI itu.

"Kami berharap hukuman itu bisa memberi efek jera bagi warga agar tertib bermasker setiap keluar rumah," tandasnya.

Sementara sejumlah komunitas dan warga masyarakat juga diajak turun langsung dalam kegiatan membagikan masker dan susu secara gratis itu. Yan/Hel/Waw